Selasa, 23 Juni 2009

Terapi Bekam Pada Titik Akupunktur Untuk Penyakit Nyeri Epigastrik

Nyeri epigastrik kebanyakan disebabkan atau diperburuk oleh pola makan yang tidak teratur, dan banyak mengkonsumsi makanan yang dingin. Biasanya muncul berupa perut kembung, atau nyeri tumpul, dan bisa disertai oleh mual, muntah, nafsu makan memburuk, dan sebagainya. Kadangkala stres emosi yang berat dapat menyebabkan spasme lambung.

Kembung dan perut yang terasa penuh terjadi pada perut bagian atas dan bawah. Lambung yang berada pada bagian atas perut serta usus halus dan usus besar yang berada pada bagian bawah perut merupakan tempat penyimpanan, pencernaan, serta pencampuran makanan dan ekskresi zat sisa. Ketika lambung dan usus kehilangan fungsinya, maka akibatnya adalah perut menjadi kembung dan nyeri, bersendawa, muntah, dan sebagainya.

Konsumsi makanan yang berlebih atau tidak sesuai dengan pola makan sangat mengganggu lambung dan usus, sehingga menyebabkan disfungsi pengangkutan dan perubahan bentuk makanan di dalam saluran pencernaan. Hal tersebut mengakibatkan makanan terhambat dan membendung aliran qi, atau dapat juga mengubahnya menjadi panas yang masuk ke lambung dan usus, sehingga perut menjadi kembung.

Melemahnya fungsi limpa dan lambung atau melemahnya tubuh secara umum karena sakit dalam jangka waktu yang lama, menyebabkan limpa dan lambung mengalami kegagalan dalam fungsi pengangkutan makanan, sehingga peredaran qi di dalam lambung serta usus menjadi lemah dan menyebabkan perut kembung. Selain itu, perut kembung juga dapat terjadi setelah mengalami operasi perut.

Titik bekam 1 : .............

Tidak ada komentar: