Senin, 02 Maret 2009

Terapi Bekam dan Pijat Telinga Untuk Gastritis Akut



Penyakit ini ditandai oleh rasa nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian atas, nafsu makan yang berkurang, perut kembung, bersendawa, mual dan muntah. Dalam kedokteran tradisional China, penyakit ini masuk dalam pembahasan mengenai epigastralgia, muntah dan diare.

Gastritis akut biasanya disebabkan oleh faktor pathogen luar dan pola makan yang salah, sehingga mengakibatkan disfungsi limpa dan lambung, kegagalan qi lambung untuk turun dan naik melawan aliran qi yang keruh.

Differensiasi
1. Dingin-lembab yang menyerang tri pemanas bagian tengah.
Sakit perut yang tiba-tiba terjadi; nyeri yang berat; tidak menyukai dingin dan menyukai hangat, keluhan berkurang dengan sesuatu yang hangat; mual dan muntah, atau diare dengan cairan encer hingga diare air, atau disertai keengganan terhadap dingin dan demam; lidah bewarna terang, dengan selaput putih; dan nadi tegang dan keras.

2. Retensi lembab-panas pada tri pemanas bagian tengah.
Rasa terbakar; perut kembung dan nyeri epigastrium; keluhan bertambah setelah makan; gagal nafas; mulut kering dan terasa pahit; diare yang terjadi tiba-tiba, atau diare yang tidak lancar; rasa panas di anus; lidah bewarna merah, dengan selaput bewarna kuning keabuan; denyut nadi cepat dan tergelincir.

3.Retensi makanan.
Rasa kembung dan penuh pada daerah epigastrium; muntah yang terasa asam; nyeri berkurang setelah muntah; buang air besar tidak lancar, dengan kotoran yang busuk dan berbau; lidah berselaput tebal dan kotor; denyut nadi tegang dan tergelincir.

Titik bekam : Zhongwan [CV12], Neiguan [PC6], Tianshu [ST25], dan Zusanli [ST36].

Modifikasi :
a. Untuk dingin-lembab yang menyerang tri pemanas bagian tengah, tambahkan titik Hegu [LI4] dan Yinlingquan [SP9].
b. Untuk retensi lembab-panas pada tri pemanas bagian tengah, tambahkan titik Hegu [LI4] dan Quchi [LI11].
c. Untuk retensi makanan, tambahkan titik Neiting [ST44], dan Xuanji [CV21].
d. Untuk epigastralgia akut, tambahkan titik Liangqiu [ST34].

Catatan : Lakukan perawatan 1-2x/hari.

Titik telinga : lambung [CO4], usus besar [CO7], usus kecil [CO6], dan simpatis [AH6a].

Tidak ada komentar: