Selasa, 04 November 2008

Acupressure untuk Mengatasi Sakit Kepala Kronis




Lakukan teknik acupressure berikut ini untuk meredakan sakit kepala kronis :
1. Sisirlah rambut dan rapihkan dengan jari-jemari Anda. Sisirlah dengan lembut mulai dari dahi ke leher belakang Anda. Kemudian sisirlah rambut Anda dari atas ke kedua sisi kepala. Lakukan penekanan secara bertahap dari pelan hingga keras, hingga kulit kepala Anda menjadi hangat.
2. Dengan lembut lakukanlah penekanan dan pemijatan sebuah titik yang berada pada cekungan di dasar tulang tengkorak, pada sisi luar dua otot besar leher, yang dapat Anda rasakan dengan menundukkan leher (Gb20).
3. Gunakanlah tepi luar jari kelingking Anda untuk mengetuk setiap sendi di antara jari-jemari yang berdekatan. Lakukan juga pada tangan yang lainnya.
4. Untuk sakit yang terjadi pada sisi kepala, tambahkan hal berikut ini :

· Gunakan telapak ibu jari Anda untuk menekan dengan lembut, menggosok, dan memijat kedua pelipis. Dorong ke daerah di atas telinga Anda (Gb8).

· Tekan dengan lembut dan pijatlah sebuah titik yang berada di antara jari manis dan jari kelingking pada cekungan tepat di bawah dua buku jari pada punggung tangan (Te3).

5. Untuk sakit yang terjadi di kepala bagian depan, tambahkan acupressure berikut ini untuk sakit kepala kronis:

· Tekan dengan lembut dan pijatlah cekungan pada pangkal alis mata (Bl2).

· Rapatkan ibu jari dan jari telunjuk Anda, gunakan tangan yang lain untuk mencubit dan menekan dengan lembut jaringan otot yang menonjol (Li4).

6. Untuk sakit yang terjadi di kepala bagian belakang, tambahkan acupressure berikut ini untuk sakit kepala kronis:

· Tekan dengan lembut dan pijatlah sebuah titik yang berada di kuduk leher, di batas rambut kepala selebar dua jari di kedua sisi tulang leher, pada cekungan di sisi otot leher besar (BIlO).

· Lakukan pukulan ringan. Tekan dengan lembut dan pijatlah sebuah titik yang berapa pada sisi tangan Anda, tepat di bawah sendi jari kelingking pada ujung lipatan (Si3).

7. Untuk sakit yang terjadi di kepala bagian atas, ambahkan acupressure berikut ini untuk sakit kepala kronis:

· Pijatlah dengan lembut sebuah titik yang berada di tengah-tengah bagian atas kepala, pada garis yang menghubungkan kedua ujung telinga Anda (Gv20).

· Tekanlah dengan lembut dan pijat sebuah titik yang berada di antara ibu jari dan jari telunjuk kaki, selebar dua jari di atas sendi di antara jari kaki (Liv3).

Tidak ada komentar: