Selasa, 04 November 2008

Herbal untuk Perawatan Kanker Payudara

- Anggur. Peneliti Shiuan Chen, Ph.D, dari Beckman Research Institute of The City of Hope, menjelaskan bahwa jus anggur (tanpa membuang bijinya) efektif menekan pertumbuhan sel kanker dengan mencegah sintesis hormon estrogen yang berperan besar dalam perkembangan kanker payudara.

- Bunga Nusa Indah Putih. Menurut pakar tanaman obat Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Ensiklopedia Tumbuhan Berkhasiat Obat I, untuk kanker payudara gunakan 15 sampai 30 gram batang nusa indah kering atau 30 sampai 60 gram yang segar dan 30 gram herba tapak dara direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Ramuan kemudian disaring dan airnya diminum.

- Tapak Dara. Masih menurut Hembing Wijayakusuma, resep herbal lainnya untuk mengatasi kanker payudara, 6 sampai 15 gram tapak dara kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

- Delima. Menurut Prof. DR. Made Astawan, dengan minum satu gelas jus delima setiap hari, kita akan mendapatkan asupan senyawa antioksidan polifenol sebanyak 100 mg. Senyawa ini dapat melumpuhkan sel kanker, dan jika membuat jus delima sebaiknya diblender bersama bijinya.

- Daun Pepaya. Batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Bouchut secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan papain bersifat antitumor atau kanker.

- Rumput Mutiara. Kandungan flavonoid glycosides pada Hedyotis corymbosa (L.) Lamk. diduga mampu menghambat proses karsinogenesis baik secara in vitro maupun in vivo. Penghambatan terjadi pada tahap inisiasi, promosi maupun progresi melalui mekanisme molekuler antara lain inaktivasi senyawa karsinogen, antiproliferatif, penghambatan angiogenesis, cell cycle arrest, induksi apoptosis dan antioksidan (Ren et al., 2003).

- Strawberry. Strawberry dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh.

- Tomat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Stahl dan Sies (1995) menyebutkan bahwa kandungan senyawa dalam tomat memiliki kemampuan untuk menghambat oksidasi pada tahap progresi dalam karsinogenesis. Selain itu, Levy dkk. (1995) menyatakan bahwa senyawa dalam tomat mampu menghambat pertumbuhan dari sel kanker endometrial, payudara dan paru-paru. Salah satu senyawa dalam tomat yang diduga berperan dalam pengobatan tersebut adalah likopen (Bohm, dkk., 1995). Kandungan likopen dalam 100 gram buah tomat mentah rata-rata mengandung 3-5 mg likopen (Asrorudin, 2004). Sehingga dapat diperkirakan bahwa senyawa likopen dalam tomat dapat bermanfaat sebagai agen kemopreventif.

*Info selanjutnya ada di :
RUMAH THERAPY SYAFAKALLAH

Therapy Bekam, Produk Lebah (Madu, Propolis tablet, Royal Jelly liquid & tablet, Bee Pollen tablet), Habbatussauda’, Herbal, Therapy Bioelektrik, Akupresur, SEFT

Phone : +6281394720090 ; +6285275684763
E-mail : abu.nidaa@yahoo.co.id

http://www.syafaka4wl.multiply.com

Tidak ada komentar: