Selasa, 03 Februari 2009

Terapi Bekam (Cupping Therapy, Al Hijamah, Oxidant Drainage Therapy) dalam Kedokteran Tradisional China. Bagian III



Oleh : Huang Shixi

Terapi Bekam untuk Penyakit yang Sering Terjadi

1. Pilek [Common Cold]

Pilek merupakan penyakit yang sering terjadi, yang ditandai oleh demam, tidak menyukai dingin, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin, hidung berair, dan sebagainya. Umumnya penyakit ini sisebabka oleh serangan angin dan dapat dibedakan dengan manifestasi yang lebih berat daripada kondisi dingin pada influenza.

Resep 1 : Dazhui DU14.

Metode : Perdarahan [bekam basah]. Pertama, sterilkan titik Dazhui DU14 dengan alkohol, kemudian tusuk titik tersebut dua atau tiga kali dengan jarum kecil atau jarum bermata tiga. Lakukan pembekaman dengan metode menarik api dan tinggalkan kop selama 6 - 10 menit untuk menghasilkan perdarahan. Lakukan 1 x 1 selama 3 hari berturut-turut.

Penjelasan : Pembuluh pengatur [GV] merupakan lautan saluran Yang dan Dazhui DU14 adalah titik pertemuan antara pembuluh pengatur dengan enam saluran Yang dari tangan dan kaki. Dazhui DU14 berfungsi mengatur Yang dan Yin, membuang pathogen eksogen dan membersihkan panas. Bekam dengan mengeluarkan darah dapat memperkuat kegiatan pembuangan pathogen dari permukaan kulit, serta menghilangkan angin dan panas.

Resep 2 : Dazhui DU14, Fengchi GB20, Taiyang [MHN9], Fengmen BL12.

Metode : Gunakan metode menarik api berulang pada Taiyang [MHN9] hingga kulit bewarna merah. Untuk ketiga titik lainnya lakukan bekam dengan metode menarik api, kemudian tinggalkan selama 10 menit. Lakukan 1 - 2 x 1.

Penjelasan : Dazhui DU14 merupakan pertemuan saluran Yang dan berfungsi membuang pathogen eksogen serta membersihkan panas. Fengchi GB20 merupakan titik pertemuan pembuluh penghubung Yang dan saluran GB, serta menghilangkan angin dan pathogen eksogen. Taiyang [MHN9] dapat menghilangkan angin dari kepala dan meredakan nyeri. Fengmen BL12 digunakan untuk menghilangkan pathogen eksogen, membuka qi paru-paru dan memperkuat wei qi.

2. Torticollis

Torticollis ditandai dengan spasme leher akut, yang berkaitan dengan kekakuan dan nyeri pada leher serta sangat terbatasnya pergerakan. Umumnya pada salah satu sisi leher terasa nyeri saat bangun tidur, menunduk, menengada atau memutar kepala. Nyeri dapat menyebar ke bahu dan punggung pada sisi otot yang mengalami spasme. Daerah yang terkena terasa lunak, namun tidak bengkak, tidak merah dan tidak panas.

Menurut teori pengobatan China gejala tersebut seringkali disebabkan oleh serangan angin dan dingin pada leher, yang menyebabkan penyumbatan saluran dan terbendungnya sirkulasi qi dan darah.

Resep 1 : Dazhui Du14, Ashi point, Jianwaishu SI14.

Metode : Pegang kop dengan tangan kanan dan gunakan untuk memijat daerah yang nyeri selama 10 menit. Kemudian bekam dengan metode menarik api dan tinggalkan selama 10 menit. Lakukan 1 x 1.

Penjelasan : Memijat daerah yang nyeri dapat membersihkan saluran dan mengedarkan qi dan darah. Pembekaman pada Dazhui DU14, Ashi point, dan Jianwaishu SI14 dapat membantu menghangatkan saluran dan menghilangkan dingin, merelaksasi dan mengaktifkan tendon, meningkatkan sirkulasi qi dan darah, serta meredakan nyeri.

Resep 2 : Ashi point, Jianjing GB2, Fengmen BL12.

Metode : Nyalakan batang moksa dan hangatkan daerah yang nyeri selama 10 - 20 menit, kemudian bekam pada titik-titik tersebut dengan metode menarik api. Tinggalkan kop selama 10 menit, dan lakukan 1 x 1.

Penjelasan : Moksibasi dapat membantu menghangatkan saluran dan menghilangkan dingin. Pembekaman pada daerah yang dikeluhkan dapat menghilangkan pathogen eksogen dari permukaan. Jianjing GB21 dan Fengmen BL12 digunakan untuk menghilangkan angin dan dingin, serta meredakan nyeri.

Resep 1 : Dazhui [DU14], Ashi Point, Jianwaishu [SI14]

Metode :Pegang kop dengan tangan kanan, dan gunakan untuk memijat daerah yang nyeri selama 10 menit. Kemudian bekam dengan metode menarik api dan tinggalkan selama 10 menit. Lakukan 1x/hari.

Penjelasan : Memijat daerah yang nyeri dapat membersihkan saluran dan mengalirkan qi dan darah. pembekaman pada titik Dazhui [DU14], Ashi Point, dan Jianwaishu [SI14] dapat membantu menghangatkan saluran dan menghilangkan dingin, menenangkan dan mengaktifkan tendon, meningkatkan aliran qi dan darah, serta meredakan nyeri.

Resep 2 : Ashi Point, Jianjing [GB21], Fengmen [BL12]

Metode : Nyalakan batang moksa dan hangatkan daerah yang nyeri selama 10-20 menit, kemudian bekam pada titik-titik tersebut dengan metode menarik api. Tinggalkan kop selama 10 menit dan lakukan 1x/hari.

Penjelasan : Moksibasi membantu menghangatkan saluran dan menghilangkan dingin. Pembekaman pada daerah yang dikeluhkan dapat menghilangkan pathogen luar dari permukaan tubuh. Jianjing [GB21], dan Fengmen [BL12] digunakan untuk menghilangkan angin dan dingin, serta meredakan nyeri.

3. Sciatica

Sciatica adalah nyeri yang menyebar di sepanjang perjalanan saraf sciatica. Manifestasi utamanya adalah nyeri unilateral pada punggung bagian bawah dan kaki, biasanya menyebar dari regio lumbar atau dari bokong hingga paha, fossa popliteal, bagian samping kaki dan bagian samping punggung kaki. Nyeri yang terjadi bersifat tumpul, menusuk, atau nyeri yang panas, dan kaki yang terkena tidak dapat diangkat tinggi-tinggi. Batuk, bersin, menekuk kaki, dan jongkok akan memperburuk rasa nyeri. Sciatica dikategorikan dalam sindroma arthralgia dalam pengobatan tradisional China.

Resep 1 : Ashi Point, Huantiao [GB30], Chengfu [BL36], Yinmen [BL37], Chengshan [BL57], Yanglinquan [GB34], Zhibian [BL54], Dachangshu [BL35].

Metode : Pertama, lakukan pembekaman 3-5 kop pada Huantiao [GB30], Chengfu [BL36], dan Ashi Point di sekitar bokong yang terkena. Kemudian bekamlah di sepanjang jalur saluran yang terkena. Tinggalkan kop selama 10-20 menit, lakukan 1x/hari.

Penjelasan : Pembekaman pada bokong dapat membantu menghilangkan dingin dan mengedarkan darah, membersihkan saluran, serta meredakan nyeri. Titik-titik di sepanjang saluran yang terkena berperan penting dalam membersihkan saluran, menghilangkan dingin dan meredakan nyeri.

Resep 2 : Ashi Point sepanjang saraf Sciatica, Shenshu [BL23], dan Yaoyangguan [DU3] sebagai titik utama. Huantiao [GB30], Weizhong [BL40], Chengshan [BL57], dan Tiaohou [ST38] sebagai titik skunder.

Metode : Pertama, lakukan pembekamanpada Ashi point di sepanjang saraf Sciatica, kemudia bekam pada titik-titik skunder. Biarkan kop selama 10-20 menit. Kedua, lakukan moksibasi pada Ashi Point selama 10-20 menit. Perawatan dilakukan 1x/hari.

Penjelasan : Bekam dan moksibasi pada Ashi Point di sepanjang saraf Sciatica dapat membantu menghangatkan saluran, menghilangkan dingin dan meredakan nyeri. Shenshu [BL23], dan Yaoyangguan [DU3] dapat mengaktifkan Yang dan menghangatkan tubuh. Titik lainnya di sepanjang saluran dapat menguatkan fungsi pembersihan saluran, menghilangkan dingin, dan meredakan nyeri.

[Terapi Bekam (Cupping Therapy, Al Hijamah, Oxidant Drainage Therapy) dalam Kedokteran Tradisional China. Bagian IV]

1 komentar:

Cakra Borneo mengatakan...

Selamat pagi, Pak.
Terimakasih untuk artikelnya, sangat informatif.

Bagi saudara-saudara yang ingin memperoleh batang moksa untuk terapi kesehatan di rumah pribadi atau klinik, kami menyediakan batang moksa berkualitas 3 tahun dan kemurnian 95%.
Bila berminat, silakan hubungi kami di info@wiraborneo.com saja.
Selain menjual batang moksa, kita juga dapat membagikan sedikit informasi seputar penggunaan batang moksa untuk terapi pribadi.

Salam sehat!
Wira Borneo.