Minggu, 22 Februari 2009

Terapi Bekam (Cupping Therapy, Al Hijamah, Oxidant Drainage Therapy) dalam Kedokteran Tradisional China. Bagian V



7. Nyeri Perut

Nyeri perut adalah nyeri yang terjadi di perut bagian atas, bawah dan samping. Nyeri ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit organ, namun dalam kesempatan ini akan dibahas tentang sakit perut yang disebabkan oleh spasme usus dan neuresis usus, yang sebagian besar disebabkan oleh pathogen dingin, pola makan yang tidak teratur, atau stres emosional.

Resep :
Titik utama : Shenque [REN8], Daheng [SP15], Shimen [REN5].
Titik pendukung : Pishu [BL20], Dachangshu [BL25]

Metode : Bekamlah dengan metode melempar api. Pertama lakukanlah pembekaman titik Shenque [REN8], Daheng [SP15], dan Shimen [REN5], lalu tinggalkan selama 10-20 menit. Kemudian bekam pada titik Pishu [BL20] dan Dachangshu [BL25] dengan metode menggerakkan kop.

Penjelasan : Shenque [REN8] membantu mengaktifkan Yang dan menenangkan usus besar, mengatur qi dan meredakan nyeri. Daheng [SP15] membantu membersihkan qi organ fu. Shimen [REN5] adalah titik front-mu dari Sinjiao, yang berperan penting dalam mengatur qi, meredakan nyeri, dan membersihkan jalan air. Pishu [BL20] dapat memperkuat limpa dan mengusir lembab, membangkitkan Yang bersih dan menurunkan Yin keruh.

8.Lumbago

Daerah yang terkena adalah sepanjang tulang belakang, atau di satu atau kedua sisi tulang belakang. Dalam kedokteran tradisional China kelainan ini terbagi atas beberapa pola yang berbeda, seperti lumbago dingin-lembab, lumbago defisiensi ginjal, defisiensi darah stasis, dan sebagainya. Lumbago juga biasa terjadi pada keadaan osteoarthropathy tulang lumbar, spasme otot di region lumbar, edema jaringan lunak, dan lain-lain.

Resep : Shenshu [BL23], Dachangshu [BL25], Ashi Point, Weizhong [BL40].

Metode : Bekam semua titik, dan tinggalkan selama 10-20 menit.

Penjelasan : Regio lumbar adalah ”rumah besar bagi ginjal,” dan Shenshu [BL23] adalah titik di mana qi ginjal bergerak ke dalam. Fungsinya adalah sebagai suplemen bagi ginjal dan mengaktifkan Yang, meningkatkan inspirasi dan membersihkan saluran air. Dachangshu [BL25] dan Ashi Point adalah titik lokal, yang dapat mengatur qi dan menghilangkan dingin, menghilangkan darah stasis, serta meredakan nyeri. Weizhong [BL40] adalah titik he-sen dari saluran taiyang kaki dan merupakan titik utama dalam perawatan lumbago.

Catatan : Bekam sangat baik untuk lumbago, dan rasa nyeri biasanya hilang setelah dilakukan terapi bekam.

9.Obesitas

Obesitas dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu obesitas sederhana dan obesitas skunder. Obesitas sederhana sering disebabkan oleh konsumsi makanan manis yang berlebihan, di mana jumlah kalori melebihi konsumsi kalori yang dibutuhkan, sehingga menyebabkan pembentukan dan penyimpanan lemak. Pada tipe ini tidak terjadi disfungsi endokrin yang jelas. Obesitas skunder merupakan hasil dari hipersekresi kortisol oleh kelenjar pituitari atau dienskefalon, dan sebagainya. Biasanya berkaitan dengan gejala-gejala saraf dan disfungsi endokrin. Menurut kedokteran tradisional China, obesitas kebanyakan disebabkan oleh akumulasi air, lembab, dan lendir.

Resep :
Kelompok 1 : Pishu [BL20], Sanjiaoshu [BL22], Dachangshu [BL25].
Kelompok 2 :Jianyu [LI15], Fengmen [BL12], Jianjing [GB21], Quchi [LI11], Zhibian [BL54], Chengfu [BL36], Fengshi [GB31], Chengjin [BL56].
Kelompok 3 : Daheng [SP15], Shuidao [ST28], Zhongwan [REN12], Qihai [REN6], Fenglong [ST40].

Metode : Gunakan metode menggerakkan kop pada titik dari kelompok 1, dan lakukan 1x/pekan. Kemudian ganti dengan titik dari kelompok 2 dan 3, lalu tinggalkan selama 15-20 menit. Lakukan 1x/hari untuk bulan pertama.

Penjelasan : Titik-titik dari kelompok 1 dapat memperkuat limpa dan mengusir lembab, mencerna lemak dan menurunkan Yin keruh, yang bersama-sama akan meningkatkan aliran metabolit. Titik-titik pada kelompok 2 digunakan sebagai titik lokal untuk mencerna lemak, di mana bekam dapat memecah jaringan adiposa [jaringan lemak] lokal. Titik-titik pada kelompok 3 dapat mengatur limpa dan lambung, menghambat gerakan peristaltik gastrointestinal, meningkatkan pencernaan dan meredakan dispepsia, menenangkan usus besar, serta mengusir lembab.


[Bersambung ke Terapi Bekam (Cupping Therapy, Al Hijamah, Oxidant Drainage Therapy) dalam Kedokteran Tradisional China. Bagian VI]

Tidak ada komentar: