Selasa, 24 Februari 2009

Terapi Bekam (Cupping Therapy, Al Hijamah, Oxidant Drainage Therapy) dalam Kedokteran Tradisional China. Bagian VI [Terakhir]



10.Dismenore

Dismenore primer terjadi pada pasien tanpa perubahan pathologis dari organ reproduksi, dan biasanya disebabkan oleh disfungsi endokrin atau tekanan emosi karena menarche. Dismenore skunder disebabkan oleh perubahan pathologis organ reproduksi, seperti endometriosis, inflamasi pelvis kronis maupun akut, stenosis serviks, dan lain-lain. Menurut teori kedokteran tradisional China, penyakit ini dihasilkan oleh stagnasi qi dan darah.

Resep 1 : Shiqizhuixia [M-BW25].

Metode : Lakukan pembekaman dan tinggalkan selama 10-20 menit.

Penjelasan : Shiqizhuixia [M-BW25] merupakan titik ekstra di sepanjang pembuluh pengatur [GV], yang mengaktifkan dan mengatur Yang. Pemakaian titik ini dapat meredakan nyeri dengan cepat pada keadaan kontraksi dan spasme uterus.

Catatan : Nyeri biasanya hilang setelah terapi bekam.

Resep 2 : Guanyuan [REN4], Guilai [ST29], Sanyinjiao [SP6].

Metode : Bekam dan tinggalkan selama 10-20 menit. Lakukan 3 hari sebelum haidh dan teruskan hingga nyeri hilang. Bekam dapat dikombinasikan dengan moksibasi.

Penjelasan : Guanyuan [REN4] adalah titik persilangan pembuluh konsepsi [CV] dan tiga saluran Yin kaki, berperan penting dalam mengatur pembuluh penetrasi dan konsepsi, mengaktifkan qi dan darah, serta membuang dingin dan membersihkan saluran. Guilai [ST29] membantu mengalirkan qi dan menyebarkan qi hati yang tertekan. Sanyinjiao [SP6] adalah titik persilangan dari tiga saluran Yin kaki, dapat memperkuat qi limpa, mengatur qi hati dan ginjal, meningkatkan sirkulasi darah dan membersihkan saluran.

Catatan : Biasanya nyeri hilang setelah dilakukan pembekaman. Teruskan perawatan untuk 3-5 siklus haidh setelah masa penyembuhan dimenore tercapai.

11.Urtikaria

Urtkaria adalah suatu penyakit alergi kulit yang dalam kedokteran tradisional China dikenal sebagai ruam kulit karena angin. Penyakit ini ditandai dengan onset yang cepat dan ruam bewarna merah cerah atau pucat, dengan berbagai ukuran dan tepi yang jelas, dan seringkali mengenai bagian tengah-atas tubuh. Pola diferensiasinya meliputi angin-dingin, angin-panas, angin-lembab, dan defisiensi qi dan darah. Bekam dapat digunakan pada urtikaria akut maupun kronis.

Resep 1 : Sheque [REN8], Xuehai [SP10], Quchi [LI11].

Metode : Bekam dan tinggalkan selama 10-20 menit, dan lakukan 1-2x/hari.

Penjelasan : Sheque [REN8] membantu mengaktifkan Yang, membuka bagian luar, membuang lembab, dan mengubah Ying keruh. Xuehai [SP10] berfungsi mengedarkan darah, menghilangkan angin dan meredakan gatal. Titik tersebut merefleksikan prinsip pemecahan darah dalam perawatan penyakit karena angin, di mana angin akan dibuang pada saat darah mengalir perlahan. Quchi [LI11] dapat mengusir angin dan membersihkan panas.

Resep 2 : Dazhui [DU14], Fengmen [BL12], Geshu [BL17].

Metode : Bekam dan tinggalkan selama 10-20 menit, dan lakukan 1-2x/hari.

Penjelasan : Dazhui [DU14] adalah titik persilangan saluran Yang dan dapat mengaktifkan Yang, serta membuang pathogen. Geshu [BL17] berfungsi mengalirkan darah, menghilangkan angin, dan meredakan gatal. Fengmen [BL12] dapat mengalirkan qi paru-paru yang terhambat, dan memperkuat bagian luar.

Catatan : Bekam dapat menghasilkan efek yang cepat dan memuaskan dalam perawatan urtikaria.

Kesimpulan

Terapi bekam telah dipakai dan dikembangkan secara luas di sepanjang sejarah pengobatan China. Bekam mempunyai banyak keuntungan, seperti mudah, murah, dan metode yang gampang diterapkan, di samping memiliki efek klinis yang bagus, serta tanpa efek samping. Cocok untuk semua orang dengan berbagai keadaan dan dapat dipakai di rumah maupun di rumah sakit untuk meningkatkan kesehatan.

--------------------------------------------------------

Huang Shixi, lulus dari Guang Zhou University of Traditional Chinese Medicine, dan telah mempraktekkan akupunktur selama 20 tahun. Dia adalah seorang pengawas dari Beijing Rehabilitation Society of Chinese Medical Association, anggota dari Chinese Society of Acupuncture, dan wakil kepala dokter di Guang An Men Hospital yang berafiliasi pada China Academy of Traditional Chinese Medicine.

Diterjemahkan dari artikel :
Judul :Cupping Therapy
Oleh : Huang Shixi
Publikasi : The Journal of Chinese Medicine
Hari/Tanggal : Minggu, 1 Oktober 2006

Tidak ada komentar: